3 Jenis Pembangkit Listrik yang Banyak Orang Belum Tahu

3 Jenis Pembangkit Listrik yang Banyak Orang Belum Tahu - Pembangkit listrik seperti yang diketahui memanfaatkan berbagai energi untuk dijadikan sumber energinya.

Mulai dari energi matahari, energi air hingga masih banyak yang lainnya. Seperti yang dapat kamu lihat di http://sewatama.com/id/pemanfaatan-listrik-tenaga-surya-bagi-kebutuhan-masa-depan/.
Namun ada 3 jenis lainnya yang banyak orang belum tahu.

[1] Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi

Jenis perusahaan pembangkit listrik pertama yang banyak orang belum tahu adalah pembangkit listrik tenaga panas bumi.

Pasalnya selama ini masih banyak orang yang beranggapan bahwa listrik hanya dihasilkan dari air, minyak hingga batubara.

Namun ternyata listrik juga bisa dihasilkan dengan memanfaatkan tenaga panas bumi. Caranya adalah dengan memanfaatkan uap panas bumi yang asalnya adalah langsung dari perut bumi.

Hal tersebutlah yang membuat perusahaan jenis ini biasanya berada di sekitar gunung yang masih aktif atau berapi.

Alasannya tentu sederhana agar lebih cepat dan juga mudah memanfaatkan panas bumi. Meski tidak bisa dipungkiri membutuhkan investasi yang besar.

2. Pembangkit Listrik Tenaga Ombak

Ternyata ombak juga bisa dimanfaatkan untuk diubah energinya menjadi listrik. Soalnya gerakan tekanan udara yang merupakan efek dari terjadinya ombak bisa menghasilkan listrik.

Tidak heran apabila kemudian banyak pihak yang lantas memanfaatkan hal ini untuk menciptakan listrik dengan sumber daya yang lebih tidak terbatas dan mudah untuk ditemukan.

3. Pembangkit Listrik Tenaga Sampah

Terakhit adalah pembangkit listrik tenaga sampah. Bagi sebagian orang, hal ini tentunya sangat mengejutkan bahkan mengherankan.

Mengingat selama ini sampah dianggap sebagai sesuatu yang sudah tidak memiliki guna lagi. Namun pada kenyataannya sampah bisa diubah menjadi listrik.

3 Jenis Pembangkit Listrik yang Banyak Orang Belum Tahu
[internet]

3 Jenis Pembangkit Listrik yang Banyak Orang Belum Tahu

Seperti yang dilakukan oleh kota Bandung dengan metode waste to energy. Apabila di Indonesia hal ini masih asing nyatanya tidak untuk beberapa negara di luar negeri.

Sebut saja seperti Jepang dan Amerika yang telah terbiasa mengelola sampah untuk bisa menjadi listrik. Untuk di Indonesia sendiri, lebih dikenal dengan nama PLTSa atau perusahaan pembangkit listrik tenaga sampah.

Dengan mengetahui hal tersebut maka kamu mengetahui masih banyak sumber daya di alam ini yang bisa dimanfaatkan. Terutama dimanfaatkan untuk bisa diubah menjadi listrik dan memberikan manfaat bagi banyak pihak. [w4/9/2018_Ibm]