23/07/2018

Cara Mengatasi Luka dan Lecet Pada Anak

Cara Mengatasi Luka dan Lecet Pada Anak - Sudah barang pasti mempunyai seorang anak dengan rentang usia 5 hingga 11 tahun merupakan salah satu hal sangat merepotkan dan melelahkan.

Karena pada usia ini anak sangat suka bermain, baik itu bermain di dalam rumah maupun di luar rumah. Bermainpun tidak hanya sekedar tertawa-tawa saja, tapi juga lari-larian, memainkan pasir hingga memanjat pohon.

Namun hal yang paling sering ditakutkan oleh seorang ibu adalah melihat anaknya terluka, entah itu akibat dari terbentur, terjatuh atau terpeleset.

Hal ini akan mengakibatkan bagian tubuh anak akan menjadi luka. Kita sebagai orangtua tidak bisa mencegah anak untuk bermain karena bermain adalah salah satu fase dalam perkembangan seorang anak yang harus dia lakukan.

Cara Mengatasi Luka dan Lecet Pada Anak
[internet]

Cara Mengatasi Luka dan Lecet Pada Anak

Mencegah atau melarang anak untuk bermain akan tidak baik untuk kesehatan jiwanya, karena dalam suatu permainan, apalagi permainan bersama teman-temannya adalah untuk mengajarkan kepada sang anak mengenai kerjasama, saling pengertian dan saling membantu.

Adapun Cara merawat luka lecet pada anak adalah sebagai berikut:

[1] Tenangkan anak

Anak-anak biasanya akan menangis ketika mengalami luka, sebagian bahkan akan meraung-raung atau menjerit-jerit.

Tangisan itu merupakan kombinasi dari rasa sakit, rasa takut atau cemas dan minta perhatian. Sebelum dapat mengatasi lukanya, tenangkan dulu anak Anda agar secara psikologis merasa aman dan terlindungi. Setelah tenang, barulah Anda bisa melakukan tindakan selanjutnya.

[2] Cuci tangan Anda

Sebelum melakukan perawatan, basuh kedua tangan Anda dengan air bersih dan sabun. Hal ini mencegah penularan kuman dari tangan Anda.

[3] Bersihkan luka

Bila anak jatuh di tanah atau tempat berpasir, kemungkinan lukanya kotor. Bersihkan luka dengan air agar semua pasir dan tanah yang mengotori terbasuh sepenuhnya untuk mencegah infeksi kemudian membalut luka lecet dengan plester perekat luka.

Cara Mengatasi Luka dan Lecet Pada Anak

Lakukan dengan perlahan dari bagian dalam luka ke luar. Air yang digunakan bisa air jernih dari kran atau lebih baik lagi bila air matang yang steril. Anda dapat membuang kotoran yang tersisa menggunakan kasa steril yang dibasahi.

Yang terakhir namun penting, kita sebagai orangtua harus siap jika anak kita terluka. Selamat beraktifitas! [w4/7/2018_iBM]
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

Advertise Here



IBX58299754BB332
 

Delivered by FeedBurner