Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Tepat Dan Aman

Anda ibu baru? Ingin mengetahui cara memandikan bayi baru lahir yang tepat dan aman? Mempunyai buah hati adalah anugrah dari tuhan yang luar biasa.

Karena itulah kebahagiaan takterkira saat si kecil hadir di tengah-tengah keluarga. Meskipun lelah dan letih serta kondisi tubuh belum kembali seratus persen, seorang ibu akan sangat senang mengurus buah hatinya.

Mulai dari menyusui, memandikan, mengganti baju dan popok, menina bobokkan serta mengajaknya jalan-jalan. Nah, berikut ini adalah tips cara memandikan bayi baru lahir yang dihimpun dari berbagai sumber.

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Tepat Dan Aman
[internet]

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Tepat Dan Aman

Tahap Persiapan


Sebelum memandikan bayi yang baru lahir, hendaknya Anda menyiapkan berbagai peralatan mandi terlebih dahulu. Pastikan ada handuk yang lembut, bak mandi, alas untuk menyabun, waslap lembut, serta sabun mandi khusus bayi.
  • Mengapa diperlukan sabun mandi khusus bayi? Lapisan epidermis kulit bayi yang sangat tipis sehingga masih sangat rentan iritasi. Karena itulah Anda perlu memilih sabun bayi yang sudah teruji secara klinis (tested hypoallergenic) sehingga aman untuk kulit bayi yang cenderung sensitif. Anda dapat memilih Zwitsal Natural Baby Bath Milk Honey yang mengandung protein susu dan madu yang dapat menjaga kelembapan kulit, melindungi kulit bayi dari kekeringan, menjaga kulit bayi tetap halus dan segar.
  • Pastikan bak mandi diletakkan pada tempat yang permukaannya bersih, kering, serta kuat dan kokoh sehingga aman bagi si kecil. Cek terlebih dahulu suhu air yang digunakan, Anda bisa menggunkan thermometer yaitu sekitar 37oC atau suam-suam kuku.
  • Persiapkan alas untuk menyabun, waslap, handuk yang bersih dan permukaannya lembut. Sebaiknya Anda memilih ruangan yang hangat saat memandikan bayi.
  • Persiapkan semuanya terlebih dahulu. Agar ketika Anda memandikan bayi semua perlengkapan sudah tersedia. Jangan meninggalkan bayi sendirian barang sedetik pun.

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Tepat Dan Aman

Proses Mandi

Usahakan bayi sudah kenyang dan tenang, tapi sebaiknya jangan memandikan bayi setelah minum ASI. Anda bisa memilih waktu pagi siang atau malam hari, yang penting pastikan bayi tidak kedinginan dan terlihat rileks. Berikut ini cara memandikan bayi baru lahir:
  • Letakkan bayi pada perlak, handuk, atau alas mandi. Kemudian lepaskan pakaiannya.
  • Gunakan waslap atau spon bayi yang lembut untuk membasahi tubuhnya.
  • Berikan sabun yang telah dicampur air ke seluruh tubuh.
  • Kemudian bersihkan sabun yang menempel dengan waslap yang telah dibasahi dengan air hangat.
  • Masukkan tubuh bayi dalam bak mandi yang berisi air hangat. Usahakan agar tali pusatnya tidak terkena air.
  • Usap perlahan tubuh bayi hingga semua sabun terbilas sempurna. Mulai dari wajah, ke belakang telinga dan lehernya. Kemudian turun ke tubuh serta tangan dan kakinya. Bersihkan pula pantat bayi dari depan ke belakang.
  • Untuk membersihkan mata bayi gunakan kapas yang telah diselup air hangat.
  • Untuk membersihkan pusat bayi gunakan alcohol dan kapas.
  • Setelah selesai, angkat bayi perlahan-lahan dari bak lalu letakkan di atas handuk yang kering dan bersih. Usap seluruh badan bayi sampai benar-benar kering dan jagalah bayi agar tetap hangat.
Demikianlah cara memandikan bayi baru lahir yang bisa redaksi sampaikan untuk semua pembaca blog ini. Jangan lupa memberikan pelukan dan timang-timang si buah hati sebelum memakai popok atau baju. Hal ini bisa membangun ikatan yang kuat antara Anda sekaligus memberikan rangsangan bagi indra perabanya sekaligus. [w2/01/18-ibd]