02/05/15

Jaringan Internet 5G Sudah Ada di Tiongkok?

Di Bandung beberapa hari yang lewat, ramai dengan peluncuran jaringan internet teknologi 4G LTE, baik itu provider merah, kuning serta hijau - mereka sudah melakukan launching secara resmi. Pemandangan ini tentu saja mengubah keadaan pemanfaatan jaringan internet yang selama ini muter-muter dengan 3G bahkan 2G.

Tapi di saat Indonesia melalui penyedia jasa jaringan telekomunikasi seluler dengan bangga menancapkan bendera jaringan internet dengan teknologi 4G LTE, Tiongkok malah sudah lari duluan menggunakan teknologi 5G.
Jaringan Internet 5G Sudah Ada di Tiongkok?
Jaringan Internet 5G Sudah Ada di Tiongkok?

Wow ... Tiongkok Sudah Menjalankan Jaringan Internet Teknologi 5G

Melansir tulisan Pepih Nugraha di rubrik Jaringan Internet kolom Internasional koran Kompas (16/1), ia menuliskan bahwa Tiongkok sudah beranjak ke jaringan 5G supercepat. Hal ini menarik perhatian perusahaan global Huawei Technologies yang berbasis di Shenzhen, Tiongkok. 

Huawei melakukan inisiasi menanamkan investasi tanpa harus menunggu komando dari pemerintah pusat guna meneliti dan mengembangkan generasi terbaru kecepatan transmisi internet; 5G. Vice President Media Affairs Huawei, Roland Sladek mengungkapkan dengan tegas bahwa nilai investasi yang digelontorkan untuk biaya pengembangan dan penelitian jaringan internet teknologi 5G sebesar $600 juta atau setara dengan Rp 7,2 triliun yang sudah dimulai sejak 2009. Pada saat dimulai pengembangan dan penelitian pada tahun tersebut, Indonesia tengah berkutat dengan teknologi 3G bahkan 2G.

Piala Dunia 2018 Awal Penggunaan Teknologi 5G

Walaupun sudah berlangsung pada 2009, Sladek mengakui bahwa pekerjaan ini tidak mudah dan dirinya memprediksi bahwa secara efektif, teknologi 5G baru bisa dirasakan oleh masyarakat luas pada 2020. Jadi, baik di Tiongkok, Amerika Serikat, Jepang dan Korea Selatan, semuanya hanya tengah fokus di ujicoba atau penelitian dan pengembangan.

Kecepatan transmisi data menjadi keyword untuk bisnis dan pengembangan 5G ini. Marketing Department Huawei; Jude Zhang dan Henry Ren menyebutkan perkiraan spektrum mobile broadband (MBB) pada 5G yang tengah dikembangkan berkecepatan 40 GHz dan akan mulai diujicobakan pada perhelatan Piala Dunia 2018 di Moskow, Rusia. Sedangkan masyarakat umum baru akan merasakannya pada 2020.

Gambaran kecepatan dari jaringan internet 5G yaitu; bila pada teknologi 4G LTE memerlukan waktu 'menit' untuk mengunduh sebuah film HDTV, maka pada teknologi 5G memerlukan hitungan detik saja. Pembaca, jadi gaksabar pengen mencoba jaringan internet 5G ya? Sama! 
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

Advertise Here



IBX58299754BB332
 

Delivered by FeedBurner