29/05/2014

8,3 Juta Insiden Serangan pada Bitcoin Terjadi pada Tahun 2013

Berikut ini informasi dari portal berita nasional, bahwa ...

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penelitian Financial cyber threats in 2013 oleh Kaspersky Lab, malware keuangan yang menyasar Bitcoin semakin populer di tahun 2013. Jumlah serangan yang menyasar crypto-currency ini naik lebih dari 2,5 kali dan totalnya mencapai 8,3 juta insiden.  BitCoin adalah mata uang virtual yang dapat digunakan untuk bertransaksi online.  

Pada awal 2013, nilai tukar Bitcoin mencapai US$13,6 (sekitar Rp155 ribu). Pada Desember tahun lalu, nilai tukarnya mencapai rekor tertinggi dengan mencapai lebih dari US$1.200 (sekitar Rp13 juta lebih). Meski terjadi beberapa kali penurunan nilai tukar sepanjang tahun lalu, namun sejak April 2013 harga sebuah coin virtula tidak pernah kurang dari US$80 (sekitar Rp900 ribu lebih).

"Ini akan diincar penjahat jika pengguna menyimpan bitcoin di komputer  dalam bentuk tak terenkripsi, para penjahat hanya perlu mencuri file ‘wallet’ untuk mengambil informasi mengenai ‘coin’ di dalam ‘wallet’ tersebut kemudian mengakses akun korban," kata Sergey Lozhkin, Senior Security Researcher, Kaspersky Lab, Kamis (17/4/2014).

Selama 2013, nilai bitcoin naik lebih dari 85 kali dan hal ini tentu saja menarik perhatian para penjahat cyber. Sampai dengan akhir tahun 2013, jumlah pengguna yang diserang dengan malware yang menyasar bitcoin mulai menyusul jumlah pengguna yang diserang oleh ancaman perbankan cyber yang lebih konvensional<' katanya.
 
Penelitian ini Kaspersky Lab memilih lebih dari 30 sampel malware yang terkait dengan keuangan. Sembilan dari malware ini adalah program yang didesain untuk mencuri Bitcoin. Kesembilan malware ini merepresentasikan 29 persen dari seluruh serangan cyber keuangan yang dilakukan melalui aplikasi berbahaya.

Tools yang digunakan oleh penjahat cyber untuk mencuri bitcoin bisa dibagi menjadi dua kategori. Kategori pertama mencakup program-program yang diciptakan untuk mencuri file ‘wallet’.

Kategori kedua mencakup aplikasi-aplikasi yang didesain untuk menginstal software yang menghasilkan bitcoin (mining) dari komputer yang terinfeksi. Secara total pencuri ‘wallet’ bitcoin melakukan serangan dua kali lipat lebih banyak pada 2013; namun, tools untuk ‘mining’ dikembangkan secara lebih cepat.

Baca Juga:

8,3 Juta Insiden Serangan pada Bitcoin Terjadi pada Tahun 2013

Mabes Polri Janji Usut Kebocoran Soal UN

Pengacara Nia Daniati Sebut Farhat Abbas Tak Inginkan Asuh Anaknya


Itulah sekilas informasi tentang, 8,3 Juta Insiden Serangan pada Bitcoin Terjadi pada Tahun 2013. Berita ini diambil dari: https://id.berita.yahoo.com/8-3-juta-insiden-serangan-pada-bitcoin-terjadi-070043905.html

Suka dengan berita di atas? Silakan LIKE atau ingin berbagi informasi tentang 8,3 Juta Insiden Serangan pada Bitcoin Terjadi pada Tahun 2013 ? Silakan Share

Semoga Anda senang dengan berita teknologi yang kami sajikan.

Salam,

Syaamil Gadget
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

Advertise Here



IBX58299754BB332
 

Delivered by FeedBurner